• Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Bojonegoro  |             | 

Kondisi Geografis Kabupaten Bojonegoro


Kabupaten Bojonegoro secara administratif memiliki luas wilayah yaitu mencapai 230.706 Ha dan secara administratif memiliki batas wilayah yaitu sebagai berikut:
    Sebelah Utara    : Kabupaten Tuban
    Sebelah Timur    : Kabupaten Lamongan
    Sebelah Selatan    : Kabupaten Madiun, Nganjuk dan Jombang
    Sebelah Barat    : Kabupaten Ngawi dan Blora (Jawa Tengah)
Tahun 2016wilayah Kabupaten Bojonegoro secara administratif Kabupaten Bojonegoro saat ini terbagi menjadi 28 kecamatan dengan 419 desa dan 11 kelurahan. Lebih jelas wilayah administrasi Kabupaten Bojonegoro beserta luas wilayah perkecamatan dapat dilihat pada Tabel 2.1. Luas Wilayah Per Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro dan Gambar Peta  Wilayah Administrasi Kabupaten Bojonegoro.

Letak dan Kondisi Geografis
Wilayah Kabupaten Bojonegoromerupakan bagian dari wilayah Provinsi Jawa Timur yang secara orientasi berada di bagian paling barat wilayah Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Tengah.
Secara geografis, Kabupaten Bojonegoro berada pada koordinat 6o 59’ sampai 7o 37’ Lintang Selatan dan 112o25’ sampai 112o 09’ Bujur Timur, dengan jarak + 110 km dari ibu kota provinsi.

Topografi
Keadaan topografi Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh keadaan tanah yang berbukit yang berada di sebelah selatan (Pegunungan Kapur Selatan) dan sebelah utara (Pegunungan Kapur Utara) yang mengapit dataran rendah yang berada di sepanjang aliran Bengawan Solo yang merupakan daerah pertanian yang subur.  Lebih jelaskondisi topografidi Kabupaten Bojonegoro

wilayah Kabupaten Bojonegoro didominasi oleh lahan dengan kemiringan yang relatif datar. Hal tersebut dapat ditunjukkan pada tabel diatas, bahwa 91,26% wilayah Kabupaten Bojonegoro memiliki kemiringan antara 0-15%.
Permukaan tanah di Kabupaten Bojonegoro rata-rata berada pada ketinggian dari permukaan laut yang relatif rendah, yaitu berada pada ketinggian antara 25 - 500 m dari permukaan laut.